Cibodas Outbound Koala Adventure Park :: WAHANA BERMAIN DAN BELAJAR :: Kebun Raya Cibodas, Puncak Indonesia

Tuesday, October 2, 2012

Tempat Menarik di Kebun Raya Cibodas

Terdapat beberapa taman dengan konsep yang sangat menarik yang terdapat di Kebun Raya Cibodas.

Sumber: Kebun Raya Cibodas

Taman Rhododendron
Koleksi jenis Rhododendron yang berasal dari Indonesia, Jepang, China. Warna bunga bervariasi dari kuning, jingga, merah muda, merah dan putih. Sangat beragam.

Taman Sakura
Bunga yang terkenal dari Jepang ini dapat berbunga dua kali dalam setahun di Kebun Raya Cibodas. Sekitar bulan Januari-Februari dan Agustus-September. Bunga yang dibawa dari Himalaya ini mempunyai warna bunga merah pucat.

Jalan Air
Salah satu tempat menarik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Selain sebagai jembatan, jalan air juga sebagai wahana bermain anak-anak. Air yang melimpah ini merupakan
aliran air sungai Cibogo yang berasal dari Gunung Gede. Airnya jernih dan sangat dingin.

Araucaria Aveneu
Jalan batu yang memanjang mulai dari wisma tamu sampai ke kolam besar. Jalan ini merupakan tempat paling berkesan karena sepanjang kiri dan kanan jalan berdiri kokoh pohon Araucaria yang ditanam sejak tahun 1866. Sampai sekarang pohon-pohon tersebut sudah berusia sekitar 145 tahun lebih.

Rumah Kaca
Disini ditanam berbagai jenis kaktus, tumbuhan sukulen (tumbuhan yang berdaging tebal dan mempunyai kandungan air yang banyak) dan koleksi Anggrek spesies. Di komplek rumah kaca, juga terdapat rumah pembibitan tanaman yang merupakan tempat untuk merawat dan memperbanyak tanaman.

Koleksi Paku-Pakuan
Kebun Raya Cibodas mengoleksi sebanyak 34 jenis paku-pakuan dari seluruh Indonesia. Manfaat dari tumbuhan paku itu sendiri dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan, bahan makanan, dan bahan media tanam tumbuhan lain.

Taman Lumut
Kebun Raya Cibodas telahmengoleksi sebanyak 235 jenis lumut. Dibangun pada tahun 2006 dengan luas 1.300 meter persegi. Merupakan taman lumut outdoor terbesar di Asia.

Bunga Bangkai
Bunga khas berbau bangkai ini dibawa dari Jambi sejak tahun 2000. Bunga ini berbunga setiap empat tahun sekali, tada tahun 2007. tinggi bunganya mencapai 3,17 meter.

Hutan Alami Wornojiwo
30 % luar Kebun Raya Cibodas adalah hutan yang berguna sebagai daerah resapan air.

Kolam Besar
dibangun pada tahun 1901 sebagai tempat untuk mengoleksi tumbuhan air.

Air Terjun Ciismun
Merupakan air terjun tang paling besar diantara seluruh air terjun yang ada di Kebun Raya Cibodas dengan ketinggian 30 meter. Air terjun ini merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Selamat berkunjung.

1 comment: